Friday, May 25, 2018

Drs. SURYANA

Drs. SURYANA


Lahir di Bandung 15 Mei 1966,  perjalanan dari pendidikan terbawah hingga menempuh pendidikan tertinggi di Bandung sejak lulus SD tahun 1980, SMP 1983, SPG 1986, IAIN (sekarang UIN Bandung) 1992, tidak langsung bekerja pada bidang pendidikan agama Islam (PAI), tetapi bekerja serabutan, bekerja juga di perusahaan PO Parahyangan Ekspres selama satu tahun. Kemudian bekerja sektor asuransi sebagai marketing. Pernah juga bekerja sebagai marketing produk kimia penjernih air.

Terjun ke dan bekerja di media massa sejak pertengahan tahun 1994 (HU Mandala Bandung), pindah ke HU Rakyat Merdeka Jakarta tahun 1996, lanjut ke Majalah Panji Masyarakat Jakarta (1997), nyambi di HU Berita Kota pada tahun 2000. Sembari bejalar jurnalistik cetak juga pada tahun yang sama hingga 2001 bekerja di Radio Mora Bandung. Mendirikan Bandung News Radio (tahun 2000).

Tahun 2002 hingga 2005 pindah ke Cirebon menjadi reporter HU Media Indonesia, nyambi belajar stringer Metro TV. Awal 2003 saya juga diminta menjadi reporter radio Elshinta liputan Cirebon dan sekitarnya hingga 2005. Pada September 2005 pindah ke Bandung kemudian bekerja di stasiun televisi swasta lokal yang salah satu pemilik sahamnya Walikota Bandung Dada Rosada. Pada tahun 2006 hingga 2007 dipercaya menjadi produser news di CT-Channel, hingga akhirnya TV itu dibeli PT Rajawali ...(maaf lupa kepanjangannya) di Jakarta dan berganti nama menjadi Rajawali TV (RTV).

Sebelum CT Channel  berganti nama menjadi RTV, saya sudah pindah kerja dan bergabung dengan Radar Cirebon (2007) untuk liputan Bandung.  Setahun kemudian (2008) diminta mengelola sekaligus membidani lahirnya Radar Cirebon Televisi (RCTV) milik jaringan usaha Jawapos Grup, sebagai pimpian editor grafis. Setahun setelah itu pula (2009) saya bekerja di  koran Bandung Ekspres sebagai redaktur. Setahun dari itu (2010) diminta merancang, mendirikan, dan mengelola Radar Tasikmalaya Televisi (Radar TV) dan bertindak sebagai produser eksekutif news (pelaksana  pemimpin  redaksi).  Sejak awal 2012 pindah ke Bandung untuk mendirikan biro perwakilan Radar TV di Jawa Barat untuk RCTV Cirebon dan Radar TV Tasikmalaya.

Pada perjalanan jurnalistik itu pernah menjadi penulis lepas media asing, di kantor berita Inter Press Service (IPS) Philippina yang berkantor di Bangkok. Penulis di situs internet Suratkabar.com kerjasama Indonesia-Jepang. Pada saat Indonesia masih dipimpin Bapak Pembangunan Indonesia Soeharto, bekerja menjadi penulis lepas di Harakahdaily.com (Malaysia). Selain menulis di media konvensional, juga menulis di empat blog milik sendiri. Kemudian bersama Tatali News Cooperation mendirikan Pentas TV dan memiliki sebagian sahamnya. 

Sebagai orang yang berbudaya dan bergaul dengan pihak lain, saya juga pernah aktif di perkumpulan Forum Diskusi Wartawan Bandung (FDWB) angkatan pertama. Menjabat Sekjen di LSM Yayasan Buruh & Lingkungan Hidup (YBLH), dan simpatisan Greepeace Indonesia area Jawa Barat. Dosen jurnalistik TV di STMIK CIC Cirebon (2009) program D1. Sering menjadi MC dan moderator untuk berbagai acara diskusi.

Sebagai aktivis lingkungan, Suryana juga sejak 2017 aktif di DPP Gerakan Hejo (GH) yang dipimpin Eka Santosa. Bahkan 2018 menjadi Ketua DPD Gerakan Hejo Kota Bandung untuk periode hingga 2023. Sebagai wartawan yang juga ikut bela negara, pada akhir 2017 diikutsertakan pada Jurnalis Bela Negara (JBN) dan bertindak sebagai penasehat.


Menikah dengan Cucu Rohayati tahun 1992, dan kini dikaruniai dua puteri, satu putera. Puteri pertama kuliah di Geodesi ITB (lulus April 2017), putera kedua sekolah di SMK Telkom Bandung, dan puteri ketiga masih masuk kelas 1 SD (2017) kelahiran  Januari 2011.

Target Profesi:
Public Relations - Media Relations - Company Newsletters  - Photojournalism - Video Production - Video Editing - Video News - Youtube Production - News Writing - Broadcast Television - Editorial Broadband Journalism - Broadcast Journalism –  Media Production - Coorporate Events - Pengelola media online untuk www.intronews.my.id, di televisi online juga mendirikan Otoritas TV, Alas TV, www.terasnews.net dibawah naungan PT Teras Media Nusantara, www.jawaratv.com.

Drs. SURYANA alias Kang Isur
Telp. 0812-2080-8858
WA: 0822-1819-7866

0 komentar:

Post a Comment



Untuk nonton channel yang lain tinggal click logo stasiun tv yang tersedia dibawah
Share this video

chat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More